Around Me Around Something Interesting Around Techno & Gadget
Pendaftaran CPNS Kementrian Hukum dan HAM Online Menuai Protes Pendaftaran CPNS Kementrian Hukum dan HAM Online Menuai Protes

Sejak 11 Agustus 2010 Departemen kementrian hukum dan ham secara resmi mengumumkan akan adanya penerimaan pegawai negeri sipil di lingkungan departemen nya.
Cukup menarik dan berani kalau boleh saya komentar.. pendaftaran nya dengan system online lho.. dan waktu yang diberikan juga sangat singkat..

Berikut saya berikan sedikit info mengenai jadual nya
1. Tanggal 11 Agustus 2010 Resmi diumumkan akan adanya penerimaan CPNS
2. Tanggal 27 s.d 31 Agustus 2010 pendaftaran secara online lewat website resmi di http://www.kemenkumham.go.id
3. Tanggal 27 Agutus s.d 3 September 2010 pengembalian berkas ke PO BOX yang telah ditentukan.

Jadi ringkas nya calon pendaftar diharuskan mendapatkan nomor pendaftaran dan bukti pendaftaran lewat pendaftaran online, kemudian melengkapi persyaratan yang sudah ditetapkan dan bersama bukti pendaftaran online tersebut calon pendaftar diwajibkan membawa ke kantor pos dan mengirimkan ke PO BOX tertentu.
Yang menarik di sini adalah tentu saja system online nya. Kita pasti tahu bagaimana animo masyarakat terhadap yang namanya pegawai negeri. Jadi bisa dibayangkan seluruh Indonesia akan mencoba untuk mengakses satu website pada saat yang bersamaan hanya selama 5 hari saja.

Saat tulisan ini ditulis sudah memasuki hari ke dua. Kebetulan ada rekan saya yang mencoba mendaftar dan mengeluhkan bahwa website kementrian tidak bisa dibuka sama sekali. Bahkan rekan saya ini sudah menongkrongi selama hampir 24 jam.. hebat dan salut namun malah terkesan tidak ada kepastian hanya mencoba dan mencoba..
Pihak humas kementrian pun sudah dikonfirmasi mengenai hal ini dan dijawab harus sabar.. hmmm .. saya tidak akan bahas masalah ini.. karena menurut saya kesabaran itu perlu dan wajib ada untuk sesuatu yang memang harus ditunggu bukan untuk sesuatu yang tidak pasti..

Banyak hal yang harus diperhatikan ketika kita akan mengadakan suatu event besar online seperti ini

1. Provider web hosting penyedia layanan online
Ini sangat penting .. jangan sampai menyewa domain dan hosting pada provider yang tidak mempunyai kemampuan besar. Kemampuan ini banyak factor mulai CPU, customer care, helpdesk dll. CPU mempunyai peran penting jangan sampai availability tidak 24 jam dan factor gangguan mendekati nol prosen. Plus tentu saja help desk 24 jam yang siap membantu jika ada permasalahan pasa saat event dilaksanakan.

2. Sistem sewa Kapasitas
Kalau yang satu ini memang tergantung dari pihak kementrian. Jika provider yang dipilih sudah siap melayani namun kapasitas sewa nya kurang besar juga akan jadi masalah.
Contoh kasus adalah website kaskus.. di alamat http://www.kaskus.us pada jam jam tertentu jika anda men coba untuk akses kemungkinan akan didapatkan info website kaskus kepenuhan.. ini adalah contoh bahwa kaskus menyewa kapasitas yang kurang besar dari pihak provider.

Kapasitas ini terdiri dari dua macam yaitu kapasitas sewa server dan kapasitas jumlah lalu lintas yang lewat. Kapasitas sewa server terkait dengan daya penyimpanan data . dalam kasus kementrian hukum dan ham ini tentu nya adalah kemampuan pihak kementrian menyimpan data pendaftaran dari seluruh calon pendaftar.
Sedangkan kapasitas jumlah lalu lintas adalah kemampuan dalam menghandle orang yang akses secara bersamaan atau gampangnya adalah jumlah orang yang men klik website pada saat yang bersamaan.

Kasus pendaftaran online kementrian hukum dan ham yang sangat susah diakses selama masa pendaftaran ini bisa jadi disebabkan karena point 1 provider nya yang tidak siap atau system sewa kapasitas yang kedua yaitu kurang besarnya lalu lintas yang bisa di lewatkan.
Namun yang jelas protes sangat banyak baik di surat kabar , radio televise maupun dunia online.
Lihat saja untuk yang online di situs CPNS INDONESIA :

http://cpnsindonesia.com/info-cpns-kementerian-hukum-dan-ham-simulasi-online-pendaftaran-cpns.html

Saya hanya berharap pihak kementrian paham dan sadar betul bahwa ada masalah besar dalam system pendaftaran online mereka. Sehingga akhirnya ditempuh cara yang lebih bijak. Entar itu p endaftaran diperpanjang atau pendaftar diperbolehkan melakukan pendaftaran off line di kantor wilayah atau kantor pusat kementrian..

Jika di lihat data base whois sepertinya website ini memang baru dibuat dan memang dibuat untuk pendaftaran ini (lihat di picture) .

Mungkin factor pengalaman pengelolaan website masih jadi permasalahan internal ?
Jaman nya jujur dan terbuka jadi biarkan kemampuan yang bicara. Bukankah demikan agar semua bisa diberikan kesempatan dan bisa diambil kader kader yang terbaik

Semoga…

Dipublikasikan : 18 Nov 2010. Telah dikunjungi sebanyak 8369 kali

Share this page


Tanggapan :

Bagus Januari
on 04 Jul, 2012 12:18
Kepada Yang Terhormat bapak/ibu di tempat Sesuai informasi yang saya dengar,saya tertarik ingin menjadi anggota HAM,dengan dilampiri ijasah SMA,surat keterangan sehat,dan surat berkelakuan baik. Saya harap dengan ini,saya bisa di terima bekerja di HAM.atas perhatian bapak/ibu sekalian,saya mengucapkan terimakasih. HORMAT SAYA BAGUS JANUARI
Charisse
on 12 Apr, 2012 16:50
wah ternyata pake csiapa juga ya untuk loading gambar yang lama, kalo menurut saya ada beberapa kemungkinan;- karena hosting ini letaknya di luarnegeri (jaraknya jauh kali ya),- tergantung juga dengan koneksi jaringan internet.- besar/ beratnya image yang diloading, semakin besar semakin berat,salam,

Form Tanggapan :


Nama/ Alias

Pesan

Maksimal karakter 400

Email dirahasiakan



mostvisited